Selasa, 19 Maret 2013

teori organisasi


PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

Komunikasi adalah Suatu proses penyampaian pesan atau informasi dari suatu pihak ke pihak yang lain dengan tujuan tercapai persepsi atau pengertian yang sama.

Menurut Everett M rogers, seorang pakar sosiologi Pedesaan Amerika membuat definisi “Komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi terhadap satu sama lain yang pada gilirannya akan tiba saling pengertian” (Rogers dan Kincaid dalam Cangara, 2004;19).

Sedangkan menurut Chester I. Barnard (1938), "Organization is a system of cooperative activities of two or more person something intangible and impersonal, largely a matter of relationship."
Organisasi adalah suatu sistem tentang aktivitas-aktivitas kerja sama dari dua orang atau lebih sesuatu yang tak berwujud dan tak bersifat pribadi, sebagian besar mengenai hal hubungan-hubungan.


MENGAPA DALAM ORGANISASI PERAN KOMUNIKASI SANGAT DIPERLUKAN ?

Komunikasi dalam organisasi sangat penting karena dengan adanya komunikasi maka seseorang bisa berhubungan dengan orang lain dan saling bertukar pikiran yang bisa menambah wawasan seseorang dalam bekerja atau menjalani kehidupan sehari-hari. Maka untuk membina hubungan kerja antar pegawai maupun antar atasan bawahan perlulah membicarakan komunikasi secara lebih terperinci.

      Komunikasi yang efektif juga sangat berperan bagi organisasi, mengingat diperlukannya kerjasama untuk mencapai cita-cita pribadi maupun kelompok.Demi menjaga itu semua, maka organisasi harus dapat secara terus menerus untuk mengevaluasi dan memperbaiki komunikasinya.



Daftar Pustaka

http://id.shvoong.com/
Sutarto (1985). Dasar-Dasar Organisasi .Gajah Mada University Press : Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar